Kepala Perpustakaan menyerahkan sertifikat apresiasi kepada pemateri

libiaincurup, Curup- UPT Perpustakaan  IAIN Curup mengadakan seminar budaya dengan tema “Merajut Tradisi Melalui Literasi Seni Budaya Rejang” di ruang Aula Harun Ar-Rasyid, Kamis (6/7/2023) Pagi.

Seminar yang dihadiri oleh pustakawan senior Rahmad Iswanto, M.Hum selaku wakil Dekan 1 Fak FUAD dan Jurianto, S.Pd.I, M.Hum Kepala TIPD IAIN Curup, Mahasiswa,  Ormawa Kampus IAIN Curup beserta pustakawan. Dalam acara tersebut, para peserta  diperkenalkan kepada beragam aspek seni dan budaya Rejang, termasuk tari Kejei dan musik khas Rejang Lebong .

Narasumber dalam seminar ini adalah Wimmy Hartawan, M.Sc., seorang pakar dalam bidang seni dan budaya Rejang. Dalam presentasinya, Hartawan menyampaikan pengetahuannya mengenai ilmu pentingnya literasi seni budaya dalam menjaga dan mengembangkan tradisi budaya rejang kedepannya. Ia juga membahas peran seni dan budaya dalam memperkuat identitas lokal dan mendorong mhasiswa/i civitas akademika dalam melestarikan warisan budaya khususnya budaya rejang. sebuah tarian tradisional yang berasal dari suku Rejang mengawali pembukaan acara seminar budaya, serta penampilan musik khas Rejang Lebong. Penampilan seni  oleh anggota UKM Kesenian IAIN Curup.

Pemateri & Peserta sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya

Pemateri & Peserta sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup, Ibu Eke Wince, SE,. pentingnya upaya kolektif dalam melestarikan dan menghargai warisan budaya Rejang. sebagai kaum muda untuk melestarikan adat dan budaya yang ada ditanah rejang sebagaimana pesatnya perkebangan zaman selain itu juga Ibu Eke terimakasih kepada UKM Seni IAIN Curup yang sudah bersungguh-sungguh untuk menampilkan tarian terbaik. Sambutan dari Bpk Jurianto, S.Pd.I, M.Hum. selaku pustakawan senior merangkup menjadi kepala TIPD  IAIN Curup juga menyampaikan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang hadir untuk benar-benar menyimak apa yang nanti dijelaskan narasumber berkenaan budaya dan adat rejang. Redha Alfadil, S.S.I.,CPS, selaku panitia penyelenggara menyampaikan apresiasinya upaya perpustakaan dalam mengadakan seminar ini sebagai bentuk pelestarian dan pengenalan seni budaya Rejang kepada Mahasiswa dan Mahasiswi luas.

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup memberikan sambutan

                          Tarian kesenian khas budaya Rejang

            Redha Al-Fadil memberikan pengarahan kepada peserta

 

 

 

 

 

 

 

 

Seminar “Merajut Tradisi Melalui Literasi Seni Budaya Rejang” diharapkan dapat memicu minat dan kecintaan terhadap seni budaya Rejang. Selain itu, seminar ini juga menjadi ajang pembelajaran dan peningkatan pemahaman tentang pentingnya pelestarian dan pengembangan tradisi budaya lokal. Dengan adanya acara ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk belajar dan terlibat dalam menjaga dan mengembangkan tradisi budaya yang berharga ini.

UPT Perpustakaan IAIN Curup terus berupaya mengembangkan layanan-layanan yang ada di perpustakaan salah satunya layanan Rejang Corner ini akan lebih mendunia, salah satu ikon keunikan UPT Perpustakaan adanya layanan Rejang Corner.

 

Categories:

Tags:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *