Petugas lagi melakukan stock opname Tahun 2023

 

libiaincurup, Curup- UPT perpustakaan IAIN Curup mengadakan kegiatan stock opname tahunan bertempatan di gedung UPT Perpustakaan IAIN Curup, Senin-Jumat(17-28/7/2023).

Kegiatan stock opname atau biasanya disebut dengan cacah ulang ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap 1 tahun sekali yang diadakan perpustakaan,kegiatan ini dilakukan dibawah instruksi kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup yaitu Ibu Eke Wince, SE seluruh pustakawan dan staff perpustakaan turut serta dalam mengolah cacah ulang  koleksi yang ada di perpustakaan. fungsi cacah ulang itu sendiri  memastikan kesesuaian dan akurasi koleksi fisik dengan stok koleksi  yang tercatat di dalam database aplikasi perpustakaan.

Adapun Langkah-langkah melakukan stock opname (cacah ulang):

  1. Mencetak keseluruhan data koleksi yang dimiliki perpustakaan
  2. Membagi tugas pemeriksaan untuk setiap pustakawan
  3. Rapikan susunan buku di rak terlebih dulu berdasarkan nomor kelasnya (shelving)
  4. Sesuaikan daftar koleksi yang ada didatabase dan mulai cocokan dengan koleksi buku yang ada di rak
  5. Beri tanda keteranan pada koleksi yang ternyata tidak ditemukan, rusak, atau salah label.
  6. Cobalah untuk mencari koleksi yang belum ditemukan di tempat lain karena adanya kemungkinan salah penempatan, sebelum koleksi tersebut benar-benar diberi status “hilang”
  7. Buatlah laporan koleksi yang hilang, rusak, kondisi lainnya.
  8. Adapun hal-hal yang wajib dicek oleh pustakawan saat memeriksa buku satu demi satu di rak.

Hal-hal yang wajib dicek oleh pustakawan saat melakukan stock opname (cacah ulang): (1) Kondisi fisik koleksi, jika kondisi fisik koleksi rusak seperti jilidan lepas, sampul dan halaman robek, label tidak lagi terbaca, atau terdapat kutu pada buku maka pustakawan wajib mengeluarkan koleksi tersebut dari rak dan meletakkannya di tempat yang sudah diberi label yang sesuai dengan masalah yang ada. Nantinya keseluruhan koleksi dengan masalah yang sama (misalnya sama-sama rusak jilidannya) akan berkumpul di satu meja dan memudahkan untuk diperbaiki. (2) Label salah, pustakawan tentu tidak luput dari kesalahan. Ada kalanya label yang tertera pada punggung buku ternyata tidak sesuai dengan data buku di OPAC. Jika ditemukan kesalahan seperti ini maka koleksi tersebut juga wajib dikeluarkan dari rak lalu dikumpulkan menjadi satu dan diberikan keterangan. (3) Tahun terbit koleksi, Jika sebuah perpustakaan memiliki kebijakan mengenai tahun terbit sebuah koleksi maka bisa saja koleksi yang sudah terbit 20 tahun lebih dan setelah diteliti lebih jauh koleksi tersebut hampir tidak pernah digunakan oleh pemustaka karena isinya tidak sesuai, maka pustakawan bisa mengeluarkan buku tersebut dari rak.

                                                           Laporan Stock Opname Tahun 2023

 

Adapun total eksemplar terinventarisasi ada 46650 buku, total eksemplar yang hilang ada 1978 buku ,total eksemplar terpinjam ada 94 buku , total eksemplar diperiksa/terpindai ada 44672 buku  atau dipersentasikan menjadi 95%.

     

Categories:

Tags:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *