Libiaincurup, Curup.Konferensi Bibliometrika Indonesia pertama kali diselenggarakan. Konferensi ini merupakan hasil kolaborasi antara Prodi Ilmu Perpustakaan Undip, ISIPII (Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia) dan Kongkow Librarian. Konferensi ini berlangsung selama dua hari dengan Prodi Ilmu Perpustakaan, FIB Undip sebagai tuan rumah. Acara dibuka pada (27/07/2023), di Hotel Horison Antawirya, Tembalang, Semarang.

UPT perpustakaan IAIN Curup diwakilkan  oleh pustakawan Ibu Sulistyowati, S, IPust dan ibu Hasni Hartati, S.IPust, Kegiatan ini dihadiri oleh pustakawan universitas negeri maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia,

KOBAIN menjadi acara yang menarik dengan kehadiran para pembicara dan ahli di bidang analisis bibliometrik. Di hari pertama, empat pembicara menarik dihadirkan untuk memberikan wawasan yang mendalam dalam analisis bibliometrik.

                                para pemateri KOBAIN

Prof. Sulistyo Basuki membuka sesi konferensi sebagai pembicara pertama dengan paparan yang menginspirasi mengenai pentingnya analisis bibliometrik dalam penelitian. Dilanjutkan oleh Heriyanto, Ph.D., yang menyajikan presentasi mengesankan tentang penerapan bibliometrik dalam aplikasi penelitian. Selain itu, ada Dr. Adi Wijaya, S.KM., M.Kom, yang menjelaskan alasan mendalam mengapa analisis bibliometrik sangat diperlukan dalam penelitian.

Konferensi hari pertama ditutup oleh Ibu Yaniasih S.TP., M.P., yang membagikan temuan matriks baru dari penelitiannya menggunakan analisis bibliometrik pada sebuah tesis terbaru.

Kegiatan konferensi dengan sub tema yaitu:

  1. Memahami dasar-dasar bibliometrika
  2. Pengumpulan data bibliografis
  3. Analisa bibliometrika
  4. Interpretasi hasil analisis bibliometrika

Koferensi bibliometrika dengan pemateri pakar bibliometrika yaitu Prof. Sulistyo Basuki , Ph.D, Porf, dr Ludo R Waltman dari leidin University sebagai pakar Vos Viewer Developer, Herianto, Ph. D dari Universitas Diponegoro sebagai pakar bibliometrika, Yaniansih, S.IP, Mp sebagai Keynote.

Kegiatan seminar nasional dengan sub tema yaitu:

  1. Metode Bibliometrika
  2. Sumber data Bibliometrika
  3. Tools bibliometrika
  4. Pengembangan lanjut analisis bibliometrika

Semoga adanya kegiatan konferensi maupun seminar nasional pustakawan-pustakawan lebih bersemangat untuk mengasah ilmu dan lebih produktif kedepannya.

 

 

Categories:

Tags:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *