Kepala UPT Perpustakaan bersama kepala APPTIS

libiaincurup- Curup, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup ibu Eke Wince, SE didampingi pustakawan ibu Sulistyowati, S.Ipust dan Hasni Hartati, S.Ipust menghadiri kegiatan Perjanjian Kerja sama & Pelantikan APPTIS Wilayah Sumatera di Kampus UIN Raden Fattah Palembang, (2-5/82023).

Kegiatan RAKERNAS ini bertemakan “Transformasi Perpustakaan dan Pustakawan Perguruan Tinggi di Era Digital”. Ketua APPTIS Dr. Labibah Zain, M. LIS dalam sambutannya menekankan bahwa RAKERNAS dan Seminar Nasional ini merupakan ajang perpustakaan dan pustakawan menggali, merumuskan dan menghasilkan konsep dan komitmen bersama untuk keunggulan perpustakaan PTKIN terutama terkait statuta, formasi pustakawan, dan ketersediaan SDM yang kompeten.

Rakernas dan Seminar nasional ini, dibuka langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah, Prof. Nyayu Khotijah, yang dalam arahan nya mengharapkan perpustakaan PTKIN sudah saatnya untuk beralih ke era digital dengan dukungan teknologi informasi yang mumpuni, dan tentunya dengan SDM yang multi skill. Kegiatan APPTIS ini, Bapak Ruchman Basori, MA, dalam paparannya, menyampaikan apresiasi yang tinggi akan kiprah organisasi APPTIS ini dalam menjadikan PTKIN unggul dengan peran dan fungsi perpustakaan. Untuk itu Kementerian Agama RI akan senantiasa memfasilitasi setiap narasi, solusi dan komitmen yang direkomendasikan APPTIS dalam peningkatan perpustakaan PTKIN, baik secara kelembagaan dan sumberdaya.

Setelah acara pembukaan,  acara dilanjutkan dengan workshop, call for paper dan raker yang dipimpin langsung oleh Ketua APPTIS Dr. Labibah Zein. Laporan kerja selama awal periode hingga bulan ini. Masing-masing divisi melaporkan kegiatan yang sudah maupun belum dilaksanakan. Selama sisa waktu periode kepengurusan tahun 2021-2024, beberapa program akan disederhanakan sehingga memungkinkan untuk bisa dilaksanakan dengan baik. Usulan menarik dari peserta Raker adalah dibukanya peluang mengadakan kegiatan regional meeting dengan berbagai negara di luar negeri. Arahan yang diusulkan adalah dengan mengadakan korespondsi dengan berbagai negara yang ada di lingkungan regional.

Agenda dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus APPTIS Sumatra, masa bakti 2022-2024. Di periode ini, APPTIS Sumatra dinakhodai oleh H. Suherman, S. Ag, S. IP, M. Ec. Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh ketua APPTIS Pusat dengan disaksikan oleh Pengurus APPTIS Pusat, Kepala Perpustakaan dan Pustakawan PTKIN se_Indonesia. “Mari bergerak bersama untuk berkarya memajukan APPTIS Wilayah Sumatra,” pesan Labibah Zain usai pelantikan, seraya menyaksikan penyerahan berdera kepemimpinan kepada Suherman, M. Ec.

Dalam susunan pengurus wilayah Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Sumatera Periode 2022-2024. pustakawan IAIN Curup ada dua yang mewakili menjadi pengurus APPTIS yaitu ibu Eke Wince, SE sebagai bidang riset dan pengembangan perpustakaan dan bpk Jurianto, S.Pd.I, M.Hum sebagai bidang organisasi dan manajemen perpustakaan.

semoga pustakawan IAIN Curup bisa menginspirasi bagi pustakawan lainnya dan bisa bermanfaat bagi khalayak luas.

 

 

Pelantikan Pengurus Bpk. Jurianto,S.Pd.I, M.Hum

Pelantikan pengurus Ibu Eke Wince, SE

Pustawakan ibu Sulistyowati, S.IPust

Ka.UPT Perpustakaan penandatangan perjanjian kerjasama APPTIS

 

 

Categories:

Tags:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *