Foto Bersama peserta user education tahun 2023

libiaincurup-Curup, UPT Perpustakaan mengadakan kegiatan user education tahun 2023 kegiatan ini diadakan di Aula Harun Ar-Rasyid di lantai 1 perpustakaan IAIN Curup, (19-22/9/2023) user education ini bertemakan ”Aktualisasi Generasi Literasi Untuk Merawat Harkat dan Martabat Bangsa”.

Acara ini diadakan untuk meningkatkan keterampilan pengguna agar mampu memanfaatkan kemudahan dan sumber daya perpustakaan secara mandiri. membekali pengguna dengan teknik yang memadai dan sesuai untuk menemukan informasi mnemukan informasi dalam subjek tertentu,meningkatkan pemanfaatan dan sumber daya perpustakaan terutama untuk mahasiswa baru IAIN Curup. ada 1000 peserta yang mengikuti dari seluruh prodi yang ada di lingkungan IAIN Curup peserta mengikuti user ini di bagi sesuai jadwal persesi adapun jadwal tersebut pada tanggal 19 September 2023 ada 2 sesi yaitu dari sesi pertama mahasiswa prodi Ftar BKPI, FSEI HKI, FUAD BPI, FTAR PIAUD, FTAR TBIND. dan dilanjutkan sesi kedua mahasiswa FTAR TBIND, FTAR TMM, FSEI HTNI, FSEI ES. pada hari kedua tanggal 20 September 2023 yaitu sesi ketiga mahasiswa prodi FSEI ES, FTAR PAI, dan sesi keempat mahasiswa prodi FTAR PAI, FUAD IPII, sesi kelima mahasiswa FUAD IPII, FSEI HES, FTAR MPI, FTAR PGMI, sesi keenam mahaiswa FTAR PGMI, sesi ketujuh mahasiswa FTAR PGMI, FTAR TBING, sesi kedelapan mahasiswa FTAR PGMI, FTAR PBA, FUAD KPI, FUAD IAT, FSEI PS, dan sesi kesembilan mahasiswa FSEI PS, FTAR TBING, FTAR PGMI.

kegiatan user education Tahun 2023 dibuka langsung oleh dihadiri oleh Wakil Rektor 1 IAIN Curup Dr. Muhammad Istan, SE.,M.Pd.,MM mengawali sambutanya. ia menyampaikan semoga acara User Education ini berjalan dengan lancar dan mahasiswa baru bisa menikmati memanfaatkan fasilitas yang ada di IAIN Curup khususnya di UPT Perpustakaan, wakil Rektor 1 mengucapkan terimakasih kepada pemateri luar yang sudah berkenaan ke IAIN Curup dan berkenaan memberikan wawasan ilmu kepada adik-adik kita mahasiswa baru Tahun 2023.

Senada dengan hal tersebut Eke Wince, SE, selaku Kepala Perpustakaan IAIN Curup, turut menyampaikan. “semoga dengan ada acara pengenalan User Education Mahasiswa baru bisa mengenal dan bisa tahu fasilitas apa saja yang didapat diperpustakaan IAIN Curup,”ujarnya.

Adapun pemateri untuk hari sesi pertama tanggal 19 September 2023. ada pemateri dari UIN FAS Bengkulu yaitu Sutriono, M.Hum beliau ini adalah ketua ikatan pustakawan indonesia provinsi Bengkulu dan  Dr. Syahril, S.Sos.I, M.Ag beliau ini adalah ketua perpustakaan UIN FAS Bengkulu. dan ada juga dari Dinas Perpustakaan Kearsipan Provinsi Bengkulu yaitu Tony Hartanto, S.Sos beliau serta dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu yaitu Meri Susanti, MM. semua pemateri ini mereka adalah pengiat literasi dan pengurus ikatan pustakawan Indonesia provinsi Bengkulu.

Pada tanggl 20 September 2023 pemateri nya dari UPT Perpustakaan yaitu pustakawan ada ibu Ike Wince, Jurianto, M.Hum, Sulistyowati, S.Pust. pada hari Kamis tanggal 21 September 2023 pemateri nya dari pustakwan IAIN Curup yaitu ada Hasni Hartati, S.Ipust, Redha Alfadil, S.S.I.C.PS dan Karti Sari Wulandari, S.IP pada hari Jumat tanggal 22 September 2023 pemateri nya ada Maisonah, SIP. semua pemateri ini memaparkan mengenai fungsi peran perpustakaan perguruan tinggi dan layanan fasilitas perpustakaan IAIN Curup.

Hal menarik tentang perpustakaan kampus ini. Salah satunya adalah adanya Rejang Corner, yaitu salah satu keunikan yang ada di UPT Perpustakaan IAIN Curup. Selain itu, terdapat E-Theses yang berisi karya ilmiah secara online dari seluruh Indonesia, serta Repository untuk jurnal dosen yang ada di IAIN Curup.

Sebelum pemateri memaparkan materi semua peserta yang datang  sesuai jadwal peserta mengerjkan  pretest terlebih dahulu secara online.pada setiap akhir acapeserta Mereka juga mendapatkan makanan ringan (snack) selama acara berlangsung dan buku panduan perpustakaan untuk memudahkan mereka dalam memanfaatkan fasilitas yang telah diperkenalkan selama User Education, Serta Tour Library yang diadakan oleh perpustakaan IAIN Curup yang di dampingi panitia.

User Education di Perpustakaan IAIN Curup adalah upaya yang penting untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan sumber daya dan layanan yang mereka miliki selama studi di kampus ini. Diharapkan bahwa acara ini akan membantu mahasiswa baru merasa lebih siap dan nyaman dalam mengakses sumber daya pendidikan yang tersedia di perpustakaan kampus.

 

 

foto bersama pemateri dan peserta user

Peserta tour library

Redha ALfadil memberikan materi

 

Ibu Hasni Hartati memberikan materi

Ibu Sulistyowati, S.Ipust memberikan materi

 

Foto bersama pemateri ibu karti, ibu hasni, ibu rika dan peserta user

Bpk Jurianto, M.Hum memberikan materi

Categories:

Tags:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *