libiaincurup-crp, UPT Perpustakaa IAIN Curup dan salah satu pustakawan mengikuti kegiatan lomba pemilihan pemenang ALIA (Academic Library innovation Award) & IALA (Indonesian Academic Librarian Award) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) bertema ” Transformai Perpustakaan Perguruan Tingggi Berbasis Inklusi Social di Era digital” di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, 9/10/2023.

Ketua FPPTI Bengkulu Dr. Syahril, S.Sos.I., M.Ag. membuka kegiatan ini sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada peserta lomba dan  hasil portofolio yang terseleksi menjadi pemenang akan dilombakan ke nasional, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu menyampaikan juga saya percayakan kepada semua dewan juri  untuk lomba AILA dan IALA ini ujarnya.

kegiatan lomba ini yang mewakili dari perpustakaan yaitu Eke Wince, SE selaku Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup dan yang mewakili pustakawan yaitu Maisonah, SIP.  peserta yang mengikuti ajang pemilihan ALIA & IALA ini diikuti oleh seluruh perpustakaa perguruan tinggi di provinsi Bengkulu baik dari Negeri maupun Swasta yakni; dari Universitas Bengkulu (UNIB),  Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu, Universitas Dehasaen, Sekolah Tinggi Kesehatan Sapta Bakti dan perguruan tinggi lainnya.

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup Eke menyampaikan dalam presentasi nya mengenai inovasi yang dilakukan tim upt perpustakaan IAIN Curup yang didampingi kour. layanan rejang corner yaitu Redha Alfadil adanya layanan Rejang Corner  ini merupakan keunikan atau keunggulan yang isinya mengenai adat budaya rejang dari segi koleksi pun tidak hanya bentuk buku tetapi rejang corner ini menyediakan koleksi langka yang berupa artefak kuno tulisan kaganga yang ditulis diatas lembaran bambu beserta koleksi langka lainnya yang berupa lukisan foto-foto.

Maisonah menyampaikan dalam presentasinya inovasi secara digital yang diakses melalui online fungsinya untuk mempermudah pemustaka dan pustakawan, yakni mengenai aplikasi Autowa funsginya untuk surat keterangan bebas pinjaman perpustakaan, noutlen online ini fungsi untuk mempermudah peserta rapat mengakses hasil rapat tersebut tidak kalah penting, maisonah juga menyampaikan bahwa di perpustakaan IAIN Curup sudah menggunakan librarian IA berfungsi untuk membantu pustakawan dalam pekerjaan dan pemustaka bisa terbantu adanya librarian IA ini.

Berdasarkan hasil grand final IALA & ALIA yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2023 di Perpustakaan Universitas Bengkulu, dari hasil penilaian fortopolio dan presentasi inovasi yang dilakukan, dewan juri IALA & ALIA telah memutuskan pemenang IALA dan ALIA 2023 tingkat FPPTI  Bengkulu.

Pemenang ALIA 2023 FPPTI  Bengkulu adalah:

Juara 1. UPT Perpustakaan UIN FAS Bengkulu
Juara 2 UPT Perpustakaan IAIN Curup
Juara 3 UPT Perpustakaan UNIB
Juara Harapan 1 Perpustakaan UNIVED

Pemenang IALA 2023 FPPTI Bengkulu adalah:

Juara 1. Meri Susanti, S.IPust., MM. Pustakawan UMB
Juara 2 Susialia, M.Ikom. Pustakawan UNIB
Juara 3 Maisonah, SIP Pustakawan IAIN Curup
Juara Harapan 1 Isfan, S.SI Pustakawan Sapta Bakti

Sebagai ucapan terimakasih dari ketua FPPTI Bengkulu Dr. Syahril, S.Sos.I., M.Ag. memberi  penghargaan kepada pemenang yang telah membuat inovasi dalam mengembangkan perpustakaan  Pemenang pertama akan diikutsertakan untuk mengikuti seleksi IALA dan ALIA ke tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2023 di Semarang. Pada kegiatan ini diharapkan kepada para pustakawan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas perpustakaan dan layanan yang diberikan kepada pemustaka. Semoga  dapat memberikan manfaat dalam mengakses informasi dan meningkatkan transfer ilmu pengetahuan dari universitas kepada pemustaka dan masyarakat luas.

        Juara ke-2 Perpustakaan IAIN Curup

         Juara 3 Pustakawan IAIN Curup

Tim UPT Perpustakaan IAIN Curup

Categories:

Tags:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *