libiaincurup-Crp, UPT Perpustakaan IAIN Curup mengadakan kegiatan rutin bimbingan kelompok belajar atau biasanya disebut dengan Bingkel Pemustaka setiap hari selasa di layanan referensi lantai 3 (27/2/2024). Bingkel pemustaka ini perdana di Tahun 2024 adapun sebagai pemateri yaitu Jurianto, S.Pd.I.,M.Hum (Pustakawan Ahli Madya) materi yang diberikan yaitu :

  1. Menggunakan Directory Open Access, Indexer, dan Search Engine
  2. Menggunakan Aplikasi Publish or Perish
  3. Menemukan karya ilmiah dari berbagai Platform akademik secara online

peserta yang hadir di kegiatan bingkel ini mahasiswi prodi Ilmu Perpustakaan dan Infromasi IAIN Curup berjumlah 7 orang, pemateri menjelaskan bagaimana cara penelusuran informasi secara online dengan tepat. pertama, untuk menggunakan direktori akses terbuka, indexer, dan mesin pencari, berikut langkah-langkah umumnya:

  1. Pilih Directory Open Access (OAD): Ada beberapa direktori akses terbuka yang tersedia, seperti Directory of Open Access Journals (DOAJ) untuk jurnal ilmiah, Directory of Open Access Books (DOAB) untuk buku, dan lain sebagainya. Pilihlah sesuai dengan jenis konten yang Anda cari.
  2. Gunakan Indexer: Beberapa indexer seperti Google Scholar, BASE, atau Semantic Scholar memungkinkan Anda untuk mencari konten dari berbagai sumber open access. Anda bisa menggunakan fitur pencarian dari indexer tersebut untuk menemukan materi yang relevan dengan topik Anda.
  3. Gunakan Mesin Pencari: Selain menggunakan indexer khusus, Anda juga bisa menggunakan mesin pencari umum seperti Google, Bing, atau DuckDuckGo. Pastikan untuk menggunakan filter pencarian yang sesuai untuk mencari konten open access, seperti menggunakan filter “Pencarian Lanjutan” di Google untuk membatasi hasil pencarian hanya pada situs-situs open access.
  4. Lakukan Pencarian: Ketikkan kata kunci atau frase yang relevan dengan topik yang Anda minati ke dalam kolom pencarian di direktori akses terbuka, indexer, atau mesin pencari yang Anda pilih.
  5. Eksplorasi Hasil: Telusuri hasil pencarian yang relevan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memfilter hasil pencarian berdasarkan kriteria tertentu seperti tanggal publikasi, jenis dokumen (jurnal, buku, dataset, dll.), dan lain-lain.
  6. Akses dan Unduh Materi: Setelah menemukan materi yang sesuai, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan penggunaan serta lisensi konten open access tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengakses atau mengunduh materi sesuai kebutuhan Anda.

kedua, Aplikasi “Publish or Perish” adalah alat yang berguna bagi peneliti atau akademisi untuk mengukur dampak karya ilmiah mereka dengan memeriksa jumlah kutipan yang diterima oleh artikel-artikel mereka.

ketiga, untuk menemukan karya ilmiah dari berbagai platform akademik secara online, Anda dapat mengakses beberapa sumber informasi yang umum digunakan oleh para peneliti dan akademisi. Berikut adalah beberapa platform yang bisa dicoba seperti google scholat, Pubmed, IEEExplore,ScienceDirect,Springerlink

adanya kegiatan bingkel pemustaka ini dapat membantu mahasiswa/i yang masih kesulitan untuk mencari informasi secara online belum mengerti cara mengakses atau menginstall aplikasi tersebut. semoga kedepannya kegiatan bingkel ini terus berjalan dan peminatnya lebih banyak lagi.

 

Categories:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *