Jum’at 12/03/2021,Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat berkunjung ke Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup dalam rangka kegiatan inventarisasi dan pencatatan karya budaya di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. dalam kunjungan ini yang mewakili BPNP yaitu Drs. Yondri selaku pengolah data nilai budaya, Ibu ferwati, SS selaku pamong Budaya Ahli Muda dan Ibu Rahma Dona, S.Pd selaku pamong Budaya Ahli pertama yang di dampingi dari Perpustakaan IAIN Curup Ibu Eke Wince dan Bapak Syamsul Rizal., M.Hum beserta staff perpustakaan IAIN Curup.

 

 

Dalam bincang santai kunjugan BPNB untuk melihat budaya Rejang Lebong secara umum dan pelestarian-pelestarian di Rejang Lebong serta perhatian pemerintah daerah terhadap budaya-budaya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, kunjungan ini mencakup tiga provinsi SUMBAR, Bengkulu, dan SUMSEL. salah satunya kunjungan ke Rejang Lebong provinsi Bengkulu Khususnya yang ada di Perpustakaan IAIN Curup yaitu Rejang Corner dimana Rejang Corner ini salah satu icon budaya di perpustakaan IAIN Curup.

Pustakawan Bapak Rhoni Rodin, S.Pd.I., M.Hum menjelaskan mengenai adat budaya Rejang lebong, terutama menjelaskan mengenai Huruf Rikung (Bukak rikung) aksara yang dimulai dari “KA GA dan NGA” ini adalah akasara yang digunakan oleh suku Rejang sejak zaman dulu.

Salah satu koleksi Rejang Corner yang didokumentasikan oleh pihak (BPNB) yang akan diabadikan di Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

E-resources

Directory of Open Access Journals