Salah satu pustakawan perpustakaan IAIN Curup menjadi salah satu penyaji makalah dalam kegiatan webinar nasional Airlangga Record and Library Conference (AIRLC) Tahun 2021 pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 diadakan di Universitas Airlangga Surabaya yang dilakukan secara virtual, yang diselenggarakan oleh  HIMA Prodi D3 Teknisi Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya. dengan jumlah peserta 500 lebih peserta yg mendaftar dan yang hadir di Zoom sekitar 320 peserta.

Jumlah  pemakalah dibagi 3 panel;

PANEL 1 “Smart IT, Smart Library, and Smart Resources Sub Tema: Pengembangan Kompetensi Pustakawan/Arsiparis, Perkembangan IT Perpustakaan, Inovasi Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, dimana ada 4 paper.

PANEL 2 “Mewujudkan Layanan Prima Perpustakaan di Tengah Pandemi” Sub Tema: Inovasi Perpustakaan, juga ada 4 paper yang dipresentasikan.

PANEL 3  “Preservasi atau Pelestarian Dokumen” Sub Tema : Preservasi atau Pelestarian Dokumen, ada 3 paper yang dipresentasikan. jadi semuanya ada 11 Paper yang dipresentasikan.

Maraknya pandemi Covid-19 tidak menyulitkan kita untuk berkarya,berinovasi, dan berbagi ilmu sesama manusia asalkan itu yang bermanfaat. ini lah yang dilakukan pustakawan IAIN Curup yaitu bapak Rhoni Rodin, S.Pd.I., M.Hum. beliau sudah banyak memperoleh prestasi dan membawa nama baik kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. salah satu nya menjadi juara pustakawan beprestasi tingkat nasional dan terpilih menjadi Short course DELSMA (Development of Library System Management). yang  diseleksi oleh kementerian agama yang di berangkatkan ke jerman, beliau juga seorang penulis aktif  baik buku jurnal serta media online maupun cetak lainnya yang sudah banyak beliau menginspirasi kaum-kaum muda dan terpelajar.

Bapak Rhoni Rodin, S.Pd.I., M.Hum. mempresentasikan makalah di panel 2 sub tema inovasi perpustakaan dengan judul Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Studi pada Perpustakaan IAIN Curup). secara garis besar beliau menyampaikan ada inovasi-inovasi perpustakaan IAIN Curup memberikan pelayanan kepada pemustaka secara online dengan memanfaatkan media digital sebagai bahan promosi. dan alhamdulillah makalah yang bapak Rhoni Rodin, S.Pd.I., M.Hum. paparkan termasuk dan terpilih menjadi The Best Paper . ini adalah penghargaan luar biasa untuk kampus IAIN Curup ditengah pandemi saat ini tidak menyudutkan kita untuk berprestasi.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

E-resources

Directory of Open Access Journals