• Penulis: Prof. Dr. H. Budi Kisworo, M.Ag
  • ISBN: 9786025441141
  • Halaman: 212
  • Ukuran: 20,5 x 29 cm
  • Tahun Terbit: 2017
  • Penerbit : EL-MARKAZI Inspiring Publisher

Buku ini memuat 105 tahun kalender masehi dan kalender Hijriyah, yakni tahun 1945-2050 Masehi, dan 1364-1469 Hijriyah. penulis memulai perhitungan dari tahun 1945 Masehi berdasarkan umumr Republik Indonesia yang merdeka tahun 1945. disamping itu, tidak bisa dipungkiri bahwa para pemimpin dalam berbagai bidan di Republik ini sekarang adalah generasi yang lahir setelah tahun 1945. jika mereka membutuhkan informasi waktu atau hari pada masa awal Republik berdiri, maka buku ini bisa membantu memberikan informasi tersebut. begitu sebaliknya, generasi muda sekarang ini sebagai pemegang estafeta perjuangan bangsa diperkirakan akan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 2050. oleh karena itu diperlukan infromasi kalender sampai dengan tahun tersebut.

Selain infromasi tentag kalender, buku ini juga memuat cuplikan ayat-ayat Alquran yang bisa menjadi panduan bagi umat islam. sebagaimana fungsi Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, maka melalui ayat-ayat Alquran yang penulis kutipkan dalam setiap halaman kalender ini penulis berharap agar pengguna kalender ini-khususnya kaum muslimin-bisa mempedomani tuntunan Allah yang tertera dalam Alquran guna menatap kehidupan sekarang dan yang akan datang.

Kalender ini disusun berdasarkan hisab ‘urfi, yakni perhitungan rata-rata perjalanan Bulan, Bumi, dan Matahari setiap harinya. Oleh karena itu, sangat mungkin terjadi perbedaan satu hari penanggalan jika dibandingkan dengan perhitungan hisab hakiki, kalender ini tidak bisa dijadikan dasar untuk menetapkan waktu pelaksanaan ibadah, seperti puasa Ramadhan dan hari raya. untuk keperluan tersebut harus dilakukan perhitungan secara teliti perjalanan ketiga benda langit, Bulan, Bumi dan Matahari. Ringkas kata, untuk menentukan waktu pelaksanaan ibadah dalam islam harus menggunakan hisab hakiki, bukan hisab ‘Urfi.

Demikian ringkasan buku 105 tahun kalender masehi dan kalender Hijriyah untuk lebih lanjut silahkan sobat bisa baca di UPT Perpustakaan IAIN Curup di layanan karya dosen IAIN Curup

semoga bermanfaat…

Categories:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *